Republika Gelar Festival Hijriah 1 Muharom di TIM

BUDAYA213 Views

Jakarta, 19 Juli 2023 – Republika bekerja sama dengan Kantor Dagang dan Industri(KADIN) Indonesia Komite Tiongkok memgadakan acara Festival Hijriah 1 Muharram 1445 H yang diadakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta pada hari Rabu 19 Juli 2023. Acara festival hijriah ini menampilkan performa seni dan budaya maupun pentas seni muslim Xinjiang, Tiongkok dari komunitas lokal yang diadakan dari tanggal 19 Juli – 10 Agustus 2023 di Beberapa Kota di Indonesia yaitu Jakarta, Depok, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Festiva Hijriah pentas seni muslim Xinjiang dalam pembukaan acaranya di Taman Ismail Marzuki Jakarta dihadiri oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir.

Di Tiongkok ada lebih dari 20 juta Muslim, diantaranya lebih dari 15 juta Muslim tinggal di Xinjiang. Mereka bersama teman dari berbagai suku di Tiongkok menikmati kobahagiaan dan kemajuaan perkembangan negara. Mereka Juga soporti teman-teman Muslim di sini merayakan Idul Adha bolum lama Ini, dan sekarang tolah menyambut Tahun Baru Islam. Pada bulan lalu, Muslim dari seluruh Tiongkok termasuk Muslim Xinjiang pergi ke Mokkah socara borkolompok untuk menunaikan Ibadah haji dan menjadi Bapak dan Ibu Haji, mewujudkan keinginan seumur hidup mereka Xinjiang adalah tempat tinggal yang bersifat muiti-etnis, multi-budaya dan multi-agama. Telah melahirkan dan melestarikan kebudayaan tradisional yang unik dan memesona dan sangat terkenal di Tiongkok sejak lama. Kali Ini Seni Teator Mugam Xinjiang membawakan tarian khas daerah dan musik rakyat setempat Saya yakin para seniman akan mengajak teman-teman di sini menyaksikan pesta audio-visual yang luar biasa dengan keterampilan mereka. Mari kita menanti dan menyaksikan bersama-sama

Tahun ini adalah tahun pertamanya bersama membangun komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok dan Indonesia, juga merupakan peringatan 10 tahun pembentukan kemitraan strategis komprehensif dan peringatan 10 tahun Inisiatif “Jalur Sutera Maritim Abad 21” Tiongkok dan Indonesia. Kedua negara memiliki prospek yang Ivas di pertukaran antar masyarakat dan kebudayaan. Saya berharap kegiatan serupa ini dapat diadakan lebih banyak di masa mendatang untuk memperkenaikan budaya dari berbagai suku bangra di Tiongkok kepada masyarakat Indonesia, meningkatkan saling pengertian antar masyarakat Tiongkok dan Indonetia, dan meningkatkan hubungan persahabatan antara hedua negara ke Iinghat yang baru.

Dan berharap pertunjukan Seni Teater Muqam Xinjiang berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga semua tamu undangan dapat menikmati malam hari yang menyenangkan Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *