SEMARAK PESTA RAKYAT, FESTIVAL DANAU SUNTER 2023 RESMI DIBUKA

TNI - MILITER202 Views

SEMARAK PESTA RAKYAT, FESTIVAL DANAU SUNTER 2023 RESMI DIBUKA

 

 

 

Admin – Jawapers.com

Jawapers.com, Kolinlamil TNI AL ,  JAKARTA –  Jumat ,  Agustus 2023 ——- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, HUT ke-496 DKI Jakarta, HUT ke-62 Komando Lintas Laut Militer dan HUT ke-77 Polri, Pemerintah Provinsi Jakarta Utara bersama dengan jajaran TNI, Polri dan stakeholder berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Pesta Rakyat Festival Danau Sunter tahun 2023 yang dilaksanakan di Danau Sunter, Jakarta Utara, Jumat (18/8).

Kegiatan ini diawali dengan menyambut kedatangan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. di Danau Sunter. Kehadiran Panglima Kolinlamil disambut dengan Palang Pintu yang merupakan sebuah tradisi Betawi sebagai bagian dari tata krama menerima tamu yang terdiri dari dua kelompok jawara, yang mendampingi tamu dan tuan rumah, kedua kelompok jawara itu kemudian beradu pantun dan silat.

Event besar ini merupakan momentum yang bertujuan untuk mengelola dan menjadikan danau sunter sebagai obyek pariwisata dan olahraga perairan yang bermanfaat untuk masyarakat dan juga acara ini nantinya akan menjadi stimulan agenda pariwisata tahunan di wilayah Jakarta Utara. Pelaksanaan kegiatan ini tentunya dapat mewujudkan komunikasi sosial, kebersamaan, soliditas dan sinergitas antara TNI,Polri, Pemerintah dan masyarakat.

Festival Danau Sunter digelar selama tiga hari pada tanggal 18 s.d 20 Agustus 2023. Dalam kegiatan tersebut akan digelar berbagai kegiatan menarik seperti olahraga perairan seperti Lomba Dayung, Ski Air, Atraksi Jet Ski, Lomba Band antar sekolah, Lomba Foto, Lomba Kesenian Daerah, Bakti Sosial seperti pengobatan umum, Donor Darah, Penanaman Pohon, Pembagian Sembako, bazar, panggung hiburan, pentas seni dan budaya serta pelayanan SIM keliling untuk umum.

Panglima Kolinlamil beserta Pejabat TNI AL, Polri, para stakeholder dan tokoh masyarakat secara resmi membuka Festival Danau Sunter tahun 2023 ditandai dengan penekanan tombol sirine. Usai membuka acara, dilanjutkan dengan penyerahan alat kebersihan dan bibit pohon kepada perwakilan masyarakat kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar Danau Sunter yang tentunya dapat mengubah area tersebut menjadi lingkungan yang lebih hijau dan alami. Setelah penanaman, para pejabat melaksanakan peninjauan ke tengah danau menggunakan perahu naga sekaligus menebarkan benih ikan.

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Rakyat Festival Danau Sunter (FDS) merupakan kegiatan strategis dan atas prakarsa bersama sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan dalam rangka melestarikan kearifan lokal, wisata olahraga dan budaya serta meningkatkan soliditas dan sinergitas instansi maupun stakeholder di wilayah Jakarta Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua yang sudah berkontribusi pada pelaksanaan Festival Danau Sunter tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kolinlamil dan Walikota Jakarta Utara secara gabungan dengan penuh kebersamaan dan ini merupakan bagian dari wujud soliditas dan ide bersama untuk memajukan Jakarta Utara khususnya sektor pariwisata sehingga masyarakat dapat menjadikan Danau Sunter ini sebagai obyek wisata”, ujar Panglima Kolinlamil.

Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali agar para prajurit TNI AL selalu jalin sinergitas dengan Polri, instansi pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil)

#kasal

#tni_angkatan_laut

#jalesvevajayamahe

#indonesiannavy.

(Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *