Semangat SMAN 10 Kota Tangerang Menjaga Identitas Bangsa Melalui Panen Karya P5 Bhinneka Tunggal Ika

Berita358 Views

Tangerang – SMAN 10 Kota Tangerang menggelar kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Bhineka Tunggal Ika berjudul “Menumbuhkan Karakter Berbhineka Siswa Melalui Keberagaman Budaya” diselenggarakan secara semarak dan semangat oleh guru dan siswa. Kegiatan P5 bertujuan guna merawat dan mengembangkan karakter serta budaya identitas bangsa yang mulai terancam oleh kondisi globalisasi yang semakin mendominasi dengan budaya globalnya.

Kegiatan P5 dibuka dengan memberikan sambutan oleh ketua panitia ibu kholidah. “Kegiatan puncak pada Projek Penguatan Profil Pancasila mengusung tema Bhineka Tunggal Ika dengan topik ‘Menumbuhkan Karakter Berbhineka Siswa Melalui Keberagaman Budaya’ melalui kegiatan pada hari ini yang dimeriahkan pameran panen karya budaya, kami selaku guru dan sekolah memiliki harapan besar untuk menumbuhkan kesadaran serta semangat pada siswa guna meningkatkan karakter budaya bangsa ditengah tantangan globalisasi yang di iringi oleh budaya barat mulai mendominasi.” Ucap Ibu Kholidah (12/10/2023).

Bapak Tri Winoko, M. Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum ikut andil dalam membuka kegiatan P5 dengan menegaskan secara fungsional dalam proses pembelajaran siswa.

“P5 tidak hanya sekedar kegiatan perayaan dan penampilan dalam meragakan serta menunjukan kekayaan budaya bangsa Indonesia, pada dasarnya P5 memiliki tugas utama dalam menanamkan nilai karakter pancasila pada siswa sehingga pola kodrat alam yang telah dimiliki oleh anak serta ditumbuhkan dengan pola asuh kodrat zaman yang dilakukan guru sebagai pembimbing dengan pola asuh among sekaligus menggunakan diferensiasi yang mendasari pada penyesuaian karakter siswa.” Tutur Bapak Tri Winoko.

Bapak Wahyudin, M. Pd selaku perwakilan orang tua murid SMAN 10 Kota Tangerang ikut andil dalam memberikan sambutan dan ucapan terimakasih telah menciptakan ruang pembelajaran yang memberikan kesan dan pengalaman bagi tumbuh kembang anak pada sekolah.

“Ucapan terimakasih dari saya selaku perwakilan orang tua murid SMAN 10 Kota Tangerang telah memberikan kegiatan pembelajaran yang meriah dan penuh kesan bagi siswa, terdapat kegembiraan yang dapat kami rasakan secara bersama antara guru dan murid pada hari ini sangat menikmati selain itu kemeriahan ini tetap terjaga pola pembelajaran dalam penumbuhan karakter identitas bangsa” Ucap Bapak Wahyudin.

 

(Kindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *