Puluhan Ribu Alumni Ikuti Jalan Sehat dan Tajammu dalam Rangka Memperingati 1 Abad Ponpes Gontor

Nasional345 Views

Jakarta, Jawapers.com – Pondok Modern Darussalam Gontor menggelar “ Tajammu” (kumpul bersama) dan jalan sehat di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (22/10).

Beberapa pimpinan Gontor dan pimpinan pesantren se-Jabodetabek hadir dalam acara tersebut. Selain itu, terpantau Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, kemudian penulis buku trilogi Negeri Lima Menara, Ahmad Fuadi juga hadir dalam acara tersebut. Tajammu dan jalan sehat ini merupakan bagian dari peringatan 1 abad Gontor.

Ketua umum panitia sekaligus Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Hamid Fahmy Zarkasyi mengatakan, acara ini bertajuk ‘Tajammu’ yang berarti berkumpul dan ‘Darussalam’ berarti berdamai.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi visi 100 tahun Gontor agar Indonesia selalu damai untuk persatuan.

“Kita ini menyuarakan visi kedamaian, dalam situasi yang kita ya beberapa tahun lalu kita terbelah belah. Berdamai saja lah, bersatu saja lah, karena kita sesama bangsa Indonesia dan kita menghadapi tantangan yang lebih besar lagi ke depan. Kalau tidak satu, tidak damai, sulit kita membangun,” ungkapnya.

Ketua Umum Panitia acara 100 Tahun Gontor itu juga menjelaskan, beberapa tahun yang lalu Indonesia sempat terpecah belah. Pada tahun politik ini, seluruh umat islam dapat memilih pemimpin yang terbaik.

Dirinya pun berpesan bahwa umat Islam diajari memilih sesuatu yang terbaik. Ada 2 pilihan dalam Islam, baik dan buruk. Jika ingin memilih secara benar, maka gunakanlah ilmu pengetahuan supaya tidak salam dalam memilih.

Selain ‘Tajammu’ dan jalan sehat, acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi dan berbagai penampilan santri. Mulai dari marching band, Reog Ponorogo, Singa Depok, Hadroh, Ondel- Ondel, Pantomim, Tari Saman, hingga Silat.

 

(Malik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *