Produk Manufaktur Cerdas Taiwan akan Dukung Transisi Industri di Indonesiahy6

NASIOAL242 Views

Ket. Foto: CEO of Elite Air Compressor, Mr. Han Lin saat memaparkan presentasi di Paviliun Taiwan Smart Manufacturing 2023.

 

 

Produk Manufaktur Cerdas Taiwan akan Dukung Transisi Industri di Indonesia

 

Jakarta, Jawapers.com

 

Sejumlah perusahaan serta produk-produk manufaktur cerdas asal Taiwan ikut meramaikan gelaran pameran Manufacturing Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, 6-9 Desember 2023. Hal tersebut menunjukkan komitmen Taiwan dalam mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, yang mendukung transisi dari sistem manufaktur industri konvensional kepada sistem industri yang ramah lingkungan.

Sebagai negara eksportir peralatan mesin terbesar kelima di dunia, Taiwan memainkan peran penting dalam mendukung rantai pasokan industri Indonesia untuk meningkatkan upaya kinerja Indonesia dalam tren tersebut. Pada tahun 2022, nilai ekspor peralatan mesin Taiwan mencapai 3,02 miliar dolar AS, meningkat setiap tahun sebesar 8,6%.

Saat ditemui dalam acara pameran, Frank Lu selaku Director of Economic Division Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, menyampaikan bahwa hubungan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia cukup menjanjikan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat sebesar 51,7 poin pada November 2023, yang mengindikasikan pertumbuhan tanpa henti selama 27 bulan berturut-turut. Oleh karena itu diharapkan melalui pameran dagang ini, produk dan layanan yang ditampilkan Taiwan dapat berkontribusi pada perluasan lebih lanjut dari kapasitas industri Indonesia, dan juga berperan penting dalam pengembangan manufaktur pintar di dalam negeri.

Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok peralatan mesin pintar terbesar untuk pasar Indonesia. Pada tahun 2022, Taiwan mengekspor peralatan mesin pintar senilai 35 juta dollar ke Indonesia, menjadikan Taiwan sebagai salah satu sumber impor mesin bagi Indonesia. Masih banyak ruang untuk peningkatan, karena Indonesia terus meningkatkan produksi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan yang turut meramaikan pameran tersebut yakni Elite Air Compressor yang memperkenalkan Air Levitation Air Compressor’ mutakhir mereka di Manufacturing Indonesia 2023. Kompresor ini mengubah pengoperasian kompresor udara tradisional dengan desain kepala inovatif, meningkatkan efisiensi energi, efektivitas operasional, dan ketahanan.

Produk tersebut memiliki fitur utama antara lain yakni hemat energi yang dapat mencapai efisiensi energi 50% lebih besar, kemudian kebutuhan perawatan rendah selama hampir lima tahun setara dengan dengan biaya pembelian mesin baru. Fitur selanjutnya, produk tersebut tanpa oli sehingga menghasilkan udara bertekanan yang lebih bersih dan meningkatkan kualitas produk, dan yang terakhir yakni ramah lingkungan karena menghilangkan kebutuhan akan pembuangan limbah oli.

“Dari apa yg saya lihat, karena Indonesia punya populasi yang besar dan yang paling bersinar di Asia Tenggara. Di dalam 2 tahun mungkin kita akan ke Vietnam, tapi di 10 tahun ini Indonesia memiliki nilai yang sangat baik seperti infrastruktur, jalan raya, kereta cepat, bandara dan lain sebagainya. Jadi di dalam beberapa tahun kita bisa melihat kesempatan yang lebih besar. Sebenarnya kita sudah ada di pasar lokal dan apa yang kita lakukan adalah menjual dengan harga Asia,” kata CEO of Elite Air Compressor, Mr. Han.

Sebanyak lebih dari 50 perusahaan Taiwan yang bergerak di bidang industri hadir di pameran Manufacturing Indonesia 2023. Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung yang mengunjungi Paviliun Taiwan Smart Manufacturing (Hall A3, Stand No. 3216) mencapai lebih dari 500 orang selama 4 hari pameran. Sebanyak lebih dari 30 media ikut meliput Paviliun Taiwan dalam pameran tahunan yang diselenggarakan di Manufacturing Indonesia 2023. Terdapat 3 asosiasi yang menyelenggarakan Paviliun Taiwan di pameran Manufacturing Indonesia 2023 ini, antara lain Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), Taiwan Machine Tools Builders Association (TMBA) dan Taiwan Fluid Power Association (TFPA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *