Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Shop Sebagai Media Pemasaran Pada Rumah Pangan Lokal Indonesia

Nasional23 Views

Ket. Foto utama: Peserta Pelatihan

 

 

Penyampaian materi oleh Tutor

 

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Shop Sebagai Media Pemasaran Pada Rumah Pangan Lokal Indonesia

 

Sukaraja, Bogor (27/4/2024)

 

Pengembangan dan pemanfaatan pangan lokal perlu diperkuat guna mengurangi ketergantungan terhadap impor sekaligus meningkatkan ketahanan pangan. Dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan pangan nasional, seluruh civitas akademika Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Shop Sebagai Media Pemasaran kepada Rumah Pangan Lokal Indonesia , di daerah Sukaraja, Bogor pada Sabtu 27 April 2024. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan promosi dan pemasaran agar dapat bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.

 

Tutor Pelatihan

Dunia bisnis terus bertransformasi seiring dengan perkembangan teknologi digital. Salah satu tren terbaru adalah penggunaan platform media sosial sebagai alat promosi dan penjualan yang efektif. Tiktok merupakan platform berbagi video pendek yang semakin populer, telah menjadi pilihan menarik bagi banyak pelaku usaha untuk memperluas jangkauan dan memperkenalkan produk kepada khalayak yang lebih luas. Tiktok Shop semakin marak digandrungi oleh masyarakat di Indonesia, bahkan fitur tersebut mulai menyaingi sejumlah platform e-commerce seperti Shopee hingga Tokopedia.

 

 

Praktek Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai media pemasaran produk.

 

Melalui fitur yang dimilikinya, pengguna dan kreator dapat mempromosikan serta menjual produk melalui aplikasi video. Kini masyarakat lebih menyukai  belanja online karena mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga mendapatkan banyak keuntungan, seperti voucher gratis ongkir dan voucher diskon. Peluang besar yang ditawarkan oleh Tiktok Shop, mendorong Rumah Pangan Lokal Indonesia untuk melakukan digitalisasi usahanya.

 

Foto Panitia dan Peserta Pelatihan

 

Selaku tutor Bpk Sismadi, mengawali pelatihan tentang peluang berbisnis digital, dimana akan ada banyak keuntungan yang didapat, diantaranya : produk akan mudah dikenal masyarakat, jangkauan pasar lebih luas, mempermudah pelanggan dalam berbelanja karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun, pembayarannya mudah serta pengiriman produk yang cepat. Selanjutnya tutor bersama mahasiswa dan peserta dari Rumah Pangan Lokal Indonesia tendem membuat akun TiktokShop untuk melakukan promosi dan penjualan produk.

Pembuatan TiktokShop juga dilakukan guna memberikan pemasukan tambahan dengan cara mempromosikan produk orang lain dengan mendapatkan komisi. Tak lupa, tutor memberikan tips and trik berjualan online agar omset maksimal. Dengan dilakukannya perpindahan dari jualan kovensional ke penjualan online, diharapkan Rumah Pangan Lokal Indonesia dapat berkembang dan meningkatnya jangkauan pasar, diversifikasi produk serta semakin kreatif dan inovatif mempromosikan produk agar konsumen tertarik dan produk tetap eksis di tengah sengitnya persaingan usaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *